5 Alat Kopi yang Wajib Dimiliki Pecinta Kopi

5 Alat Kopi yang Wajib Dimiliki Pecinta Kopi

Bagi sebagian pecinta kopi, mempunyai alat-alat pembuat kopi memang sebuah keharusan. Ada dua tipe alat pembuat kopi yaitu alat pembuat kopi manual dan otomatis. Berikut ini beberapa contoh alat kopi manual dan otomatis yang perlu Anda pilih, sebelum membeli pastikan Anda memilih mana yang penting dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

  1. Aeropress

Aeropress adalah salah satu alat pembuat kopi secara manual. Alat ini memanfaatkan tekanan udara untuk menghasilkan ekstraksi seduhan kopi. Keunggulan aeropress adalah harganya lebih terjangkau dan biasanya dijual dalam satu paket lengkap. Selain itu, alat ini juga bisa menyeduh kopi dengan waktu lebih singkat biasanya satu menit.

Alat pembuat kopi ini juga menghasilkan kopi yang kaya akan cita rasa karena proses pembuatan ekstraksi biji kopi lebih merata. Jika Anda menyukai rasa kopi yang manis, alat ini sangat cocok Anda pilih karena mampu mengurangi tingkat keasaman kopi hingga seperlimanya.

  1. Pour Over

Pour Over adalah alat pembuat kopi yang digunakan dengan cara menuangkan perlahan air panas di atas kopi bubuk yang disaring dan menetes ke bejana bawahnya. Alat pembuat kopi ini akan menghasilkan kopi dengan cita rasa fruity yang ringan tapi cita rasanya begitu kompleks.

Untuk membuat kopi dengan alat ini disarankan dengan menggunakan air panas yang  memiliki kandungan mineral tinggi. Air yang mengandung mineral tinggi, lebih punya efek ekstraksi kandungan kopi yang kuat sehingga tidak akan menghilangkan cita rasa kopi asli terlalu banyak.

  1. Syphon

Syphon atau vacuum pot adalah alat pembuat kopi yang berbeda dengan lainnya. Syphon memiliki dua tabung yang berbeda fungsi dan cara kerjanya. Tabung yang pertama bernama hopper, sedangkan yang kedua bernama bohlam. Bohlam berfungsi untuk tempat memanaskan air hingga mendidih kemudian air akan naik ke hopper.

Sambil menunggu air mendidih, masukan bubuk kopi ke dalam hopper. Tunggulah hingga beberapa menit, kemudian matikan pemanas. Hasil ekstraksi kopi akan turun kembali ke bohlam, sedangkan ampasnya akan tersaring dan tertinggal pada hopper.

  1. Pod Coffee

Ini adalah alat pembuat kopi otomatis yang desainnya modern dan merupakan salah satu inovasi dalam dunia perkopian. Cara penggunaannya sangat praktis dan tidak ribet karena menggunakan teknologi yang canggih. Anda  tidak memerlukan biji atau bubuk kopi jika ingin menyeduh minuman. Namun, Anda harus menggunakan kapsul kopi sebagai bahan baku.

  1. Perkolator

Alat pembuat kopi satu ini bekerja dengan cara membuat larutan dengan mengalirkan pelarut melewati zat terlarut yang kemudian disaring. Awalnya, cara memanaskan air dalam perkolator adalah dengan tungku atau kompor. Namun, seiring berkembangnya teknologi kini ditemukan perkolator otomatis.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah. Masukan bubuk kopi ke dalam saringan yang ada di dalam perkolator yang sudah diisi dengan air. Panaskan air dengan cara menghubungkan perkolator tersebut dengan listrik. Tunggulah hingga kopi siap diseduh.

Memilih alat pembuat kopi manual memang tidak ada salahnya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mencoba menggunakan alat kopi otomatis agar menciptakan cita rasa kopi yang lebih sempurna.

shares