Apa Saja Penyebab Rabun Jauh ?

Apa Saja Penyebab Rabun JauhRabun jauh (miopia) adalah kondisi penglihatan yang umum di mana Anda dapat melihat objek di dekat Anda dengan jelas, tetapi objek yang lebih jauh buram. Itu terjadi ketika bentuk mata Anda menyebabkan sinar cahaya menekuk (membiaskan) secara tidak benar, memfokuskan gambar di depan retina Anda, bukan pada retina Anda.

Rabun jauh dapat berkembang secara bertahap atau cepat, sering memburuk selama masa kanak-kanak dan remaja. Rabun jauh cenderung menurun dalam keluarga. Pemeriksaan mata dasar dapat mengkonfirmasi kondisi mata seseorang. Anda dapat mengompensasi blur dengan kacamata, lensa kontak atau operasi bias.

Apa Penyebab Rabun Jauh ?

Struktur mata Anda adalah pada penglihatan miopia vs penglihatan normal. Saat bola mata Anda terlalu panjang atau kornea – lapisan pelindung mata Anda – terlalu melengkung, cahaya yang masuk ke mata Anda tidak akan fokus dengan benar. Gambar fokus di depan retina, bagian mata Anda yang peka terhadap cahaya, alih-alih langsung ke retina. Ini menyebabkan penglihatan kabur. Keadaan inilah yang menjadi penyebab rabun jauh. Dokter menyebut ini sebagai kesalahan bias.

Miopia Tinggi: Ini adalah bentuk kondisi yang lebih serius, di mana bola mata tumbuh lebih dari yang seharusnya dan menjadi sangat panjang dari depan ke belakang. Selain mempersulit untuk melihat sesuatu dari kejauhan, itu juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki kondisi lain seperti retina yang terlepas, katarak, dan glaukoma.

Miopia degeneratif: Juga disebut miopia patologis atau ganas, ini adalah jenis langka yang biasanya Anda warisi dari orang tua Anda. Bola mata Anda menjadi lebih lama dengan sangat cepat dan menyebabkan miopia parah, biasanya pada usia remaja atau awal dewasa. Miopia jenis ini bisa menjadi lebih buruk hingga dewasa. Selain membuatnya sulit untuk melihat hal-hal dari kejauhan, Anda mungkin memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki retina yang terlepas, pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal di mata (neovaskularisasi koroid), dan glaukoma.

Gejala

Gejala rabun jauh mungkin termasuk :

  • Visi buram saat melihat benda yang jauh
  • Kebutuhan untuk menyipitkan mata atau menutup sebagian untuk melihat dengan jelas
  • Sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan mata
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan, terutama di malam hari (night myopia)

Rabun jauh sering pertama kali terdeteksi selama masa kanak-kanak dan biasanya didiagnosis antara tahun-tahun awal sekolah hingga remaja. Seorang anak dengan rabun jauh dapat:

  • Mengecilkan mata terus menerus
  • Perlu duduk lebih dekat ke televisi, layar film, atau bagian depan ruang kelas
  • Tampaknya tidak menyadari benda yang jauh
  • Berkedip berlebihan
  • Terlalu sering menggosok mata

Diagnosis dan Perawatan

Pemeriksaan mata dapat menunjukkan kepada Anda jika Anda rabun. Kacamata, kontak, atau operasi refraktif biasanya dapat memperbaiki masalahnya. Ketika Anda memiliki miopia, resep kacamata atau lensa kontak Anda akan menjadi angka negatif. Semakin negatif angkanya, semakin kuat lensa Anda. Misalnya, -3,00 lebih kuat dari -2,50. Resep Anda membantu mata memfokuskan cahaya pada retina Anda. Itu menjernihkan visi Anda. Operasi mata dapat meningkatkan penglihatan Anda sehingga Anda mungkin tidak perlu lagi memakai kacamata atau kontak. Prosedur yang paling umum untuk miopia adalah:

Photorefractive keratectomy: Juga disebut PRK, operasi ini menggunakan laser untuk memahat lapisan tengah kornea Anda. Itu meratakan kurva kornea dan memungkinkan sinar cahaya lebih dekat ke atau pada retina Anda.

LASIK: Ini adalah operasi yang paling umum untuk miopia. Dokter bedah menggunakan laser atau alat lain untuk membuat lipatan tipis pada lapisan atas kornea Anda. Dia memahat kornea dengan laser lain dan memindahkan tutup kembali ke tempatnya.

Dalam kasus miopia tinggi, kontak khusus atau obat tetes mata atropin telah terbukti efektif dalam memperlambat perkembangan. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin menyarankan operasi penggantian katarak atau membersihkan lensa.

Apakah Ini Menjadi Lebih Baik Seiring Waktu?

Miopia berjalan dalam keluarga dan mungkin akan dimulai pada masa kanak-kanak. Biasanya berhenti berubah setelah masa remaja, tetapi tidak selalu. Insiden miopia telah meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda melihat perubahan pada kondisi mata dan memiliki beberapa penyebab rabun jauh, periksalah mata Anda. Temui dokter mata Anda setiap tahun.

Sumber :

www.webmd.com

www.mayoclinic.org

shares