Bahaya Kecanduan Game Online yang Harus Anda Ketahui

Bahaya Kecanduan Game Online yang Harus Anda KetahuiBahaya kecanduan game online bagi seseorang bisa mengganggu kehidupan normalnya. Penanganan harus segera dilakukan jika muncul ciri-ciri adanya kecanduan. Ada banyak faktor penyebab seseorang mengalami kecanduan game.

Tidak hanya faktor individunya saja, namun juga faktor biologi, faktor psikologi, dan faktor sosial. Anda harus mengenal apa saja bahaya dari kecanduan game online agar bisa mencegahnya terjadi pada orang terdekat.

Inilah Bahaya Kecanduan Game Online

Seperti dikutip https://www.harapanrakyat.com/, pengasuh Ponpes Nurul Firdaus, Dr. Gumilar, S.Pd.,MM.,CH., CHt., pNNLP, mengatakan, mereka yang kecanduan game online memengaruhi fokus pikiran ke hal yang diinginkan dalam waktu lama. Hal tersebut berbahaya pada kehidupan seseorang nantinya. Karena pikirannya hanya terfokus pada game online saja.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ulasan mengenai bahaya jika seseorang mengalami kecanduan pada game online:

  1. Lupa Melakukan Tugas Utama

Sebenarnya tidak semua orang yang suka bermain game mengalami kecanduan atau ketergantungan. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang kecanduan game online salah satunya yaitu faktor biologi. Orang yang suka bermain game online akan membuat neurotransmitter dopamine meningkat sehingga bisa merasa senang. Manusia lahir dengan dopamine yang rendah sehingga selalu mencari cara untuk meningkatkannya. Secara biologi, orang dengan gangguan neurotransmitter dopamine akan mudah mengalami kecanduan.

Mereka yang merasakan kecanduan tersebut tidak memperhatikan aktivitas lainnya, yang terpenting adalah bermain game sampai menang. Jika pelajar mereka akan lupa untuk sekolah dan memilih bermain game di rumah atau tempat lain, sedangkan jika karyawan mereka akan lupa bekerja hingga tugasnya tidak selesai, dan lain sebagainya. Bahkan mereka lupa untuk merawat diri seperti makan, tidur, mandi, dan lain-lain.

  1. Cemas dan Gelisah

Bahaya kecanduan game online selanjutnya yaitu selalu merasa cemas dan gelisah jika tidak memainkan game online. Aktivitas lain yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik jika dia selalu memikirkan game online saja. Bahkan dia akan marah-marah jika ada yang melarangnya untuk bermain game online. Gumilar berkata banyak penelitian yang menyebutkan bahwa game online terbukti memengaruhi kerja otak.

  1. Hubungan Sosial Menjadi Buruk

Pemain game online berasal dari berbagai belahan dunia yang kemudian bisa saling berinteraksi melalui internet secara online. Mereka melakukan interaksi secara virtual untuk membentuk kelompok atau menyusun strategi. Meski hanya lewat dunia maya namun interaksi mereka berjalan lama hingga permainan selesai.

Gumilar mengatakan bahwa mereka yang kecanduan game online sudah puas dengan aktivitas secara virtual tersebut sehingga tidak mementingkan aktivitas sosial secara langsung. Karena hal itu hubungan sosial dengan orang terdekat misalnya keluarga, teman dekat, atau teman kerja akan menjadi buruk. Jangan heran juga jika ada pecandu game online yang kehilangan pekerjaan atau putus sekolah.

Jika hal tersebut terjadi pada orang terdekat maka Anda harus segera membawanya ke tempat rehabilitasi kecanduan game online agar tidak semakin parah. Tempat rehabilitasi akan memberikan kegiatan yang bisa membuat mereka lupa terhadap game kesayangan.

  1. Tidak Minat dengan Aktivitas Lain

Tidak minat dengan aktivitas lain merupakan awal mula seseorang mengalami kecanduan game online. Dia masih bisa melakukan aktivitas biasa namun merasa bosan dan tidak minat dengan aktivitas tersebut. Dia merasa ingin segera menghentikan aktivitas dan mulai bermain game online lagi. Jika dibiarkan terus menerus, bisa saja mereka tidak melakukan aktivitas lain selain bermain game online dan menyebabkan kecanduan akut.

  1. Pernikahan Menjadi Tidak Harmonis

Bahaya kecanduan game online yang terakhir adalah dapat memengaruhi pernikahan sehingga menjadi tidak harmonis. Hal tersebut terjadi karena pasangan lebih senang memegang HP dibandingkan berkomunikasi untuk mempererat ikatan. Padahal dalam sebuah hubungan komunikasi sangat penting untuk menjaga keharmonisan.

Istri yang kecanduan game akan melupakan kewajiban merawat keluarga, sedangkan suami yang kecanduan game melupakan pekerjaannya sehingga penghasilan tidak cukup. Namun jika melihat pasangan lain yang harmonis mereka akan merasa iri dan menuntut pasangannya atau berfikiran negatif. Kondisi tersebut ternyata mampu meningkatkan angka perceraian saat ini.

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa game online bisa menyebabkan seseorang kecanduan dengan sangat parah hingga memengaruhi kehidupannya. Sebelum mengalami hal tersebut, Anda harus melakukan pengawasan yang cukup terhadap anak. Semoga informasi mengenai bahaya kecanduan game online ini dapat bermanfaat.

shares