Gaya Parenting yang Mendukung Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Gaya Parenting yang Mendukung Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Sikap cinta lingkungan sebaiknya ditanamkan sedini mungkin. Orang tua sebaiknya mulai membiasakan anak untuk hidup ramah lingkungan. Caranya adalah dengan menerapkan gaya parenting yang sesuai dengan upaya pelestarian lingkungan hidup. Berikut adalah beberapa ide gaya parenting yang bisa diterapkan demi mendidik anak untuk mencintai lingkungannya.

1. Ajak Anak Mengenal Alam

Agar anak bisa mencintai lingkungan maka ia harus mengenalinya terlebih dahulu. Ajak anak untuk beraktivitas di luar dan berkenalan dengan alam. Interaksi langsung dengan alam akan membuat anak merasa bahwa lingkungan ini adalah tempat tinggalnya dan harus dijaga. Beraktivitas di alam juga sangat bagus bagi perkembangan si kecil dibandingkan diberi hiburan dengan bermain gawai.

2. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Usahakan untuk memakai jenis produk yang ramah lingkungan. Saat memiliki anak pasti ada banyak sekali jenis produk yang akan digunakan mulai dari sabun, sampo, mainan, alat makan, dan lain sebagainya. Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan natural dan bebas bahan kimia berbahaya. Selain lebih ramah lingkungan tentunya produk ini juga lebih aman dipakai si kecil.

3. Ajarkan Anak Mengolah Sampah

Sedini mungkin ajaklah anak Anda untuk mengolah sampah dengan benar. Ajak anak memilah sampah sesuai jenisnya, anorganik dan organik. Ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah tersebut. Jika diajarkan sejak dini maka anak akan terbiasa dan menganggap aktivitas ini sebagai kewajiban demi kelestarian lingkungan.

4. Hindari Membeli Banyak Mainan

Orang tua sebaiknya tidak terlalu sering membelikan mainan baru untuk anak mereka. Mainan-mainan ini nantinya bisa saja menambah tumpukan sampah di dalam rumah. Selain itu membiasakan anak membeli mainan terlalu sering juga akan menimbulkan sifat konsumtif yang tidak baik. Ajarkan anak untuk memanfaatkan mainan yang sudah ada dan berkreasi dengan mainan tersebut.

5. Ajak Anak Menanam Tanaman

Menanam pohon atau tanaman hias di rumah menjadi aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama anak. Anak pasti akan senang jika diajak orang tuanya untuk berkebun. Mereka bisa beraktivitas dekat dengan alam dan ikut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Ajarkan juga pada anak bahwa pohon merupakan aset penting bagi bumi tempat kita hidup ini.

6. Buat Kegiatan Daur Ulang

Orang tua perlu memikirkan kegiatan menarik agar anak tidak merasa bosan di rumah. Salah satunya adalah dengan mengajak anak melakukan daur ulang sampah. Bisa dimulai dari sampah kertas yang kemudian dibuat menjadi beragam jenis kerajinan yang bisa dimainkan. Bisa juga dengan berkreasi membuat pot tanaman dari sampah plastik atau kaleng bekas susu.

Itulah tadi gaya parenting yang bisa mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup. Tanamkan sedini mungkin kepada anak mengenai pentingnya mencintai lingkungan hidup. Sikap ini akan dibawa anak sampai ia dewasa sehingga terciptalah lingkungan hidup yang lebih baik di masa depan.

shares