Hati-Hati! 4 Risiko Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Hati-Hati! 4 Risiko Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Memiliki penyakit kolesterol berarti Anda memiliki jumlah lemak dalam darah yang terlalu banyak. Nah, lemak dalam darah ini nantinya bisa mengendap di dalam pembuluh darah yang bisa menghambat pembuluh darah dalam menyalurkan darah. Alhasil, akan muncul penyakit akibat kolesterol tinggi. Apa saja risiko penyakit ini? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit pertama yang bisa muncul akibat kolesterol dalam darah yang tinggi. Hipertensi sendiri terjadi karena tekanan darah melebihi batas normal. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah menyempit karena adanya penumpukan kolesterol di dalamnya.

Dengan demikian, sistem kerja jantung menjadi lebih keras dan memberikan tekanan yang lebih tinggi pada saat memompa darah. Jika tekanan darah tinggi ini dibiarkan terus, maka hal ini juga akan berdampak pada kesehatan jantung.

  1. Jantung Koroner

Jantung koroner juga menjadi salah satu risiko penyakit akibat kolesterol tinggi lho. adanya kolesterol dalam darah yang berlebihan mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak dan plak di bagian dinding pembuluh darah.

Akibat terjadinya penumpukan ini membuat aliran darah yang menuju ke jantung menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung koroner. Jika hal ini dibiarkan terus menerus dan tidak ditangani, maka seseorang bisa mengalami serangan jantung.

  1. Stroke

Penyakit ketiga yang bisa terjadi karena kolesterol tinggi adalah stroke. Stroke sendiri merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah di otak. Jika pembuluh darah yang ada di otak tersumbat, otomatis aliran darah menuju ke otak juga akan tersumbat.

Padahal, aliran darah ini membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh otak. Jika hal ini berjalan terus menerus tanpa ada penanganan, maka sel-sel saraf yang ada di otak bisa mati. Akibatnya, terjadilah disfungsi ada sebagian organ yang tidak dapat digunakan kembali karena stroke.

  1. Penyakit Arteri Perifer

Penyumbatan pembuluh darah tidak hanya terjadi pada pembuluh darah besar saja. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada pembuluh darah kecil. Jika hal ini terjadi pada pembuluh darah kecil, maka kolesterol bisa menyebabkan sebuah penyakit yang disebut dengan arteri perifer.

Biasanya, pembuluh darah yang sering mengalami ini adalah pembuluh darah di bagian tungkai dan kaki. Bahkan, ada beberapa kasus yang terjadi pada pembuluh darah ginjal juga lho. jika hal ini didiamkan terus-menerus, tentunya bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa risiko penyakit akibat kolesterol tinggi di atas bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja jika Anda tidak menjaga kesehatan dan kadar kolesterol dalam darah. Kondisi ini juga akan semakin buruk jika Anda tidak menghindari makanan penyebab kolesterol. So, mulai saat ini, jaga kadar kolesterol dan perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

shares