Jangan Sampai Tertipu Aplikasi Pinjam Uang Bodong, Waspadai Ciri-cirinya

finance bar graph chart investment money business conceptBerencana pinjam uang ke aplikasi fintech pinjaman online? Utamakan pilih yang terpercaya seperti Kredivo. Selain sudah terdaftar di OJK, Kredivo juga memiliki kebijakan privasi yang menjamin keamanan data nasabah, dan suku bunganya paling rendah, hanya 2,95% per bulan, baik untuk pinjam uang tunai ataupun cicilan barang.

Jangan sampai niatnya mau cari bantuan dan untung, malah jadi buntung karena salah pilih fintech. Meski aplikasi kredit online sudah banyak beredar di Google Play Store, bukan berarti semuanya layak dan aman untuk digunakan. Mulai dari perkara suku bunga yang membelit, hingga data pribadi yang disebarluaskan demi penagihan adalah contoh masalah yang muncul dari aplikasi kredit online ilegal atau bodong.

Nah, sebenarnya, apa aja sih ciri-ciri yang perlu diwaspadai supaya nggak kejebak di aplikasi kredit online yang salah?

Tidak Terdaftar dalam Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK

Semua industri keuangan, baik yang bentuknya perbankan maupun fintech, diatur dan diawasi aktivitasnya oleh Otoritas Jasa Keuangan. Oleh karena itu, setiap fintech yang baru saja berdiri wajib mendaftarkan diri dan mengurus izin perusahaan ke OJK. OJK juga berperan sekaligus sebagai payung hukum apabila muncul masalah di kemudian hari, terutama yang merugikan nasabah.

Apabila situs atau aplikasi fintech yang mau kamu gunakan tidak terdaftar dalam situs atau rilis berita yang diinformasikan OJK, sudah dapat dipastikan fintech tersebut ilegal dan tidak disarankan untuk digunakan jasanya. Per April 2018, dari rilis yang diterbitkan dalam situs OJK, baru terdapat sekitar 106 fintech legal yang sudah terdaftar dan memiliki izin beroperasi.

Tidak Punya Situs Resmi & Aplikasi Tidak Tersedia di Google Play Store atau App Store

Setiap perusahaan fintech pinjam uang, idealnya menyediakan platform berupa aplikasi ataupun situs sebagai tempat pengguna untuk mendaftar dan mengajukan pinjaman. Jika platform yang digunakan situs, fintech juga perlu menggunakan url berawalan https sebagai tanda bahwa situs tersebut aman untuk digunakan. Jika platform yang digunakan aplikasi, maka aplikasi tersebut wajib ada di Google Play Store atau App Store untuk bisa didownload oleh pengguna.

Waspadai fintech yang tidak memiliki situs ataupun aplikasi resmi. Terlebih lagi, jika kamu harus mengeklik link yang berbelit-belit hanya untuk mengakses situs atau mendownload aplikasi. Fintech yang kredibel pastinya akan memberikan kemudahan bagi nasabah untuk menggunakan platformnya. Lain halnya jika fintech tersebut bodong atau ilegal. Sebagai upaya untuk menutupi jejak, situs atau aplikasi yang digunakan juga dibuat untuk sulit dilacak oleh pihak berwenang seperti OJK.

Informasi Perihal Suku Bunga Tidak Jelas atau Disembunyikan

Simulasi cicilan pinjaman wajib diberikan oleh aplikasi pinjam uang online di awal, sebelum nasabah menyetujui kontrak pinjaman. Selain itu, fintech yang kredibel juga biasanya menyantumkan suku bunga di situs atau aplikasinya. Contohnya Kredivo yang mencantumkan suku bunga 2,95% per bulan baik untuk cicilan barang ataupun peminjaman tunai.

Jangan menggunakan aplikasi yang tidak memiliki fitur simulasi cicilan, rincian suku bunga, dan biaya-biaya lainnya. Sebab, dikhawatirkan di kemudian hari akan terjadi perubahan suku bunga tanpa pemberitahuan dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

Tidak Memiliki Poin Kebijakan Privasi & Keamanan Data Nasabah

Data-data yang kamu upload ke dalam aplikasi fintech, adalah data-data sensitif dan penting. Jadi, aplikasi fintech wajib memiliki kebijakan privasi yang jelas serta memiliki jaminan perlindungan data nasabah. Kalau nggak, maka nantinya data-data pribadimu akan berpotensi untuk disewakan atau bahkan dijual ke pihak ketiga untuk berbagai keperluan, baik untuk keperluan penagihan hingga marketing (tawaran pinjaman, dsb).

Meminta Transfer Sejumlah Uang Sebagai Syarat Pencairan Pinjaman

Mau pinjam uang tapi malah diminta transfer uang adalah ciri paling ketara dari aplikasi pinjam uang bodong. Biasanya, permintaan transfer dilakukan dengan alasan dp, syarat pencairan, plus tujuan transfernya adalah rekening atas nama pribadi, bukan perusahaan. Idealnya, aplikasi kredit online yang kredibel hanya akan meminta kamu mendaftar dan menunggu proses approval. Jika diapproved, maka pinjaman akan cair. Sebaliknya, jika ditolak, maka kamu harus menunggu beberapa bulan lagi untuk bisa mengajukan pinjaman kembali.

Kredivo: Aplikasi Pinjam Uang untuk Berbagai Kebutuhan dengan Limit s.d Rp 30 Juta

Nggak cuma terjamin dari segi keamanan, Kredivo juga berbeda dengan fintech lainnya yang hanya bisa memberikan limit Rp 1 juta hingga Rp 3 juta dan dengan suku bunga 1% per hari atau mencapai 30% per bulan. Limit kredit yang bisa diberikan Kredivo kepada nasabahnya, maksimal adalah Rp 30 juta dengan suku bunga cicilan hanya 2,95% per bulannya.

Kredivo bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari meminjam dana tunai online, hingga belanja cicilan barang apa pun di merchant online yang sudah bermitra dengan Kredivo. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cuma dengan belanja minimal Rp 1 juta, kamu sudah bisa cicil pakai Kredivo dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan, suku bunga 2,95% per bulan, tanpa uang muka.

Khusus fitur peminjaman uang tunai, baik pinjaman mini ataupun pinjaman jumbo dari Kredivo hanya berlaku bagi nasabah yang sudah terdaftar sebagai pengguna cicilan atau akun premium.

Nah, jadi kalau kamu daftar akun Kredivo, pastikan kamu mendaftar sebagai pengguna cicilan atau akun Premium. Syaratnya adalah:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun ke atas,
  2. Berpenghasilan tetap per bulannya minimal Rp 3 juta,
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi

Selanjutnya, kamu bisa langsung download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, kemudian daftar. Daftar Akun Premium, nggak perlu pakai slip gaji, cukup hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilanmu dan juga 1 akun merchant online yang sudah ada riwayat transaksinya sebagai bukti alamat. Kamu juga perlu upload foto KTP, selfie, dan isi form data diri. Setelah selesai daftar, tunggu proses approvalnya dalam waktu 1 x 24 jam.

Jika pendaftaranmu sudah disetujui dan sudah dapat limit kredit, maka kamu bisa langsung menggunakan limit tersebut untuk belanja cicilan ataupun peminjaman dana tunai lewat fitur resmi yang tersedia di aplikasi Kredivo. Untuk pinjaman mini, jumlah yang bisa dipinjam minimal 500 ribu, dengan tempo pengembalian maksimal 30 hari. Untuk pinjaman jumbo, jumlah yang bisa diajukan minimal Rp 1 juta, dengan pilihan tenor pengembalian 3 & 6 bulan.

Selain itu, di aplikasi Kredivo, kamu bisa beli pulsa, paket data, token PLN, bayar tagihan BPJS, PDAM, sampai beli tiket pesawat dengan rute ke mana saja, dengan menggunakan limit yang tersedia di akun Kredivo-mu. Pastinya bakal bermanfaat banget buat kebutuhan bulan puasa dan mudik Lebaran. Jangan ragu lagi, segera download aplikasi Kredivo sekarang!

shares