Serba-Serbi, Jadwal Pertandingan, Hingga Klasemen Piala Indonesia 2019 Ada di Sini

Klasemen Piala Indonesia 2019Rencananya, Piala Indonesia akan digelar bulan Mei 2019 mendatang. Untuk itu ketahui dulu klasemen Piala Indonesia beserta informasi lainnya yang tak kalah menarik ini! Langsung saja, yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Piala Indonesia, Turnamen Bergengsi  yang Kembali Digelar

Piala Indonesia 2018–2019 yang kini disponsori oleh Kratindaeng menjadi edisi ketujuh Piala Indonesia, kejuaraan klub sepak bola di Indonesia, yang melibatkan klub-klub dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Piala Indonesia terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2012. Saat itu, Persibo Bojonegoro menjadi pemenang pada edisi tersebut. Kejuaraan pun tidak digelar mulai tahun 2013 hingga tahun 2017 karena berbagai alasan.

Kejuaraan ini diselenggarakan oleh PSSI. Sebanyak 128 klub menjadi peserta kejuaraan musim ini. Pertandingan pertama digelar mulai 8 Mei 2018 dan akan selesai tahun 2019. Untuk musim ini, juara Piala Indonesia 2018—2019 akan mengikuti kualifikasi Piala AFC 2020 babak play-off.

Klub yang Berpartisipasi

Sebanyak 128 klub sepakbola Indonesia berpartisipasi dalam ajang turnamen tersebut, yang nantinya akan terbagi ke dalam 16 zona. Yang masing-masing zona akan dihuni oleh 8 klub. Klub yang kastanya lebih rendah akan mendapatkan keistimewaan dengan berhak menjadi tuan rumah. Adanya turnamen bertajuk Piala Indonesia ini dinilai positif karena semua klub sepakbola Indonesia dapat menguji kekuatannya satu sama lain, terlebih lagi klub-klub yang berada di kasta Liga 3. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk didapatkan karena bisa bertanding dengan klub raksasa papan atas Liga Indonesia, sebut saja seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Tahapan Pertandingan

Dalam penggelaran turnamen ini PSSI harus pandai benar dalam memilih jadwal agar tidak adanya jadwal bentrok dengan turnamen lain. Oleh sebab itu jadwal dari pada masing-masing klub harus terstruktur dengan spesifik. Adapun nantinya dari awal penggelaran sampai akhirnya mendapatkan sang juara PSSI harus menggelar beberapa tahapan pertandingan. Tahapan pertandingan akan dimulai dengan tahap awal dimana 128 klub akan beradu gengsi satu sama lain untuk dapat memastikan lolos ke babak selanjutnya. Di babak 128 besar ini akan diadakan single match yang dimana nantinya klub yang berhasil menang langsung akan otomatis lolos ke babak selanjutnya, sedangkan klub yang mengalami kekalahan akan langsung gugur dalam ajang turnamen ini.

Setelah melewati babak 128 besar, klub-klub yang berhasil memastikan tiket 64 besar akan kembali di adu sesuai zona dimana nantinya klub yang berhasil menang akan langsung otomatis lolos ke babak 32 besar. Klub-klub terkuat akan beradu di babak 16 besar. Yang membedakan antara babak 16 besar dengan babak-babak sebelumnya adalah di babak 16 besar ini pertandingan akan dilakukan 2 kali dengan format sistem kandang tandang. Siapa yang terkuat nantinya akan lolos ke babak perempat final dan semifinal. Setelah beradu taktik hanya akan ada 2 klub terbaik lah yang akan memperebutkan gelar juara pada turnamen Piala Indonesia ini.

Klasemen Piala Indonesia dan Hasilnya Sejauh Ini

Klasemen Piala Indonesia sampai sejauh ini telah memasuki babak 8 besar. Peserta kasta dari Liga 1 mendominasi babak 8 besar ini. Adapun peserta yang telah memastikan lolos ke babak 8 besar diantaranya adalah klub asal ibukota, Persija Jakarta, PSM Makassar, Bali United, Borneo FC, Persib Bandung, Madura United, Persebaya Surabaya, dan Bhayangkara FC secara dramatis berhasil mengamankan tiket terakhir setelah mengakhiri pertandingan melawan PSIS Semarang dengan skor akhir agregat 4-1.

Amido Balde, predator anyar milik klub Persebaya Surabaya tampil ganas sejauh ini dengan berhasil mencetak total 10 gol dan dia memuncaki daftar top skor sementara Piala Indonesia. Di posisi runner up ada nama Zulham Zamrun (PSM Makasar) dengan torehan 7 gol, yang namanya mencuat setelah berhasil membawa Persib Bandung menjadi jawara Piala Presiden pada tahun 2015 sekaligus menjadi pemain terbaik dan top skor pada saat itu. Di posisi ketiga ada striker kawakan milik klub The Guardians, Bhayangkara FC yaitu Herman Dzumafo Epandi dengan berhasil mencetak 6 gol.

Sayangnya, Piala Indonesia harus mengalah dengan turnamen Piala Presiden. Di babak 8 besar ini Piala Indonesia harus berhenti sejenak karena PSSI memprioritaskan turnamen Piala Presiden. Rencananya, Piala Indonesia akan kembali digelar pada bulan Mei 2019.

Memprediksi Siapa Yang Akan Meraih Juara, Setelah 6 Tahun Turnamen Piala Indonesia Tidak Digelar.

Jika 8 klub ini diprediksi siapa yang akan menjadi juara tentunya sangat sulit menentukan siapa yang akan menjadi satu-satunya klub yang terbaik pada turnamen ini pasalnya ke-8 klub ini dinilai sama kuat karena level kasta yang sama yaitu berasal dari Liga 1. Persija Jakarta dan PSM Makasar dinilai lebih berat dari pada klub lainnya ini dikarenakan Persija Jakarta dan PSM Makasar sedang fokus berjuang di kancah sepakbola bergengsi Asia, yaitu AFC. Dua nama klub teratas yang diprediksi akan tampil di partai Final adalah Bali United dan Madura United. Hal ini dikarenakan kedua klub memiliki skuat bintang dan bisa dibilang timnas mini. Akan tetapi ini hanyalah prediksi belaka, pasalnya yang terkuat dan yang mampu menjaga konsistensi akan keluar menjadi sang juara.

shares