Tanya Dokter Sehat Tentang Pola Hidup yang Hendaknya Diterapkan Penderita Diabetes Melitus

Diabetes MelitusDiabetes melitus pada dasarnya adalah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup sehat. Biasanya mereka yang menderita penyakit ini adalah orang-orang dengan berat badan berlebih, sehingga membuat insulin yang seharusnya bekerja untuk menurunkan kadar gula dalam darah menjadi resistan. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula dalam darah tetap tinggi bahkan beresiko menyebabkan komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya, termasuk diantaranya adalah jantung, ginjal sampai dengan merusak sistem syaraf. Tanya dokter sehat bagaimana pola hidup yang seharusnya dijalani oleh penderita diabetes melitus.

Bagi Anda yang sudah terdiagnosis menderita penyakit kencing manis ini hendaknya juga sudah harus mulai merubah pola hidup, jika seandainya tidak ingin kondisi tersebut semakin parah, bahkan beresiko tinggi untuk menyebabkan komplikasi. Berikut ini diantaranya kunci menerapkan pola hidup sehat bagi penderita penyakit diabetes melitus ini, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat, mulai sekarang Anda harus memperhatikan apa saja yang dikonsumsi. Orang yang sudah terkena penyakit diabetes melitus bukan berarti tidak bisa makan enak, melainkan hanya butuh selektif saja dalam memilih makanan. Harus mengetahui jenis makanan apa sajakah yang hendaknya dihindari dan juga yang bagus dikonsumsi. Misalnya untuk sumber karbohidrat, maka Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah yang pada dasarnya mengandung karbohidrat kompleks, jadi lebih aman dikonsumsi.
  2. Makanlah dengan porsi seimbang, tak kalah penting adalah memperhatikan tekanan makanan yang dikonsumsi, jangan berlebihan atau jika tidak nantinya hanya akan semakin menimbun kalori yang ada di dalam tubuh, artinya tidak seimbang dibandingkan dengan aktivitas yang Anda jalani. Jumlah kebutuhan nutrisi penderita diabetes melitus diantaranya adalah 50 hingga 60 persen karbohidrat dari kebutuhan kalori, 10 sampai 15 persen protein dari kebutuhan kalori, 20 sampai 25 persen lemak dari kebutuhan kalori dan 25 gram serat setiap harinya.
  3. Memilih jenis cemilan yang enak dengan indeks glikemik rendah, Anda juga tetap bisa ngemil, hanya saja dengan memperhatikan jenis cemilan yang dikonsumsi. Jenis cemilan yang tepat untuk penderita diabetes melitus ini sebenarnya adalah buah-buahan, tinggi serat sehingga akan membuat kenyang lebih lama, selain itu banyak kandungan vitamin dan juga mineral yang ada di dalamnya.
  4. Menjalankan aktivitas olahraga secara rutin, ini adalah hal yang wajib diterapkan oleh penderita diabetes melitus, guna menghindari resiko komplikasi dan juga memperpanjang usia Anda, yaitu harus bergerak atau olahraga, tak harus datang ke pusat kebugaran, nyatanya banyak sekali diantara jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, cukup luangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk aktivitas fisik ini.
  5. Gunakanlah alas kaki yang tepat, salah satu resiko komplikasi yang rentan menjangkiti penderita diabetes melitus adalah luka atau bodok di kaki yang bisa memicu gragen atau kematian jaringan, hal inilah yang terkadang membuat penderita penyakit kancing manis juga harus diamputasi kakinya. Jadi pakailah alas kaki yang nyaman dan tepat, karena memang sistem syaraf yang ada di bagian kaki dari penderita diabetes terkadang tidak berfungsi dengan baik.

Anda bisa lebih mudah tanya dokter sehat terkait dengan asupan makanan, jenis olahraga yang baik untuk penderita diabetes maupun juga pertanyaan seputar kesehatan yang lainnya, lebih mudah adalah dengan mengandalkan aplikasi Halodoc. Nantinya pertanyaan Anda akan dijawab secara langsung oleh tenaga medis yang sudah berpengalaman secara realtime.

shares