Ternyata AC Mobil Perlu diservis Secara Rutin Lho!

Ternyata AC Mobil Perlu diservis Secara Rutin Lho!

Bukan hanya mesin mobil saja yang perlu dirawat, ternyata AC mobil juga perlu dirawat juga loh. Kamu bisa merawatnya dengan cara servis ac mobil. Ini dilakukan agar AC mobil kamu tetap dalam keadaan yang baik, dan udara yang dihasilkan oleh AC terasa sejuk. Kamu pun merasa nyaman di dalam mobil.

Selain itu, ada manfaat lain jika kamu melakukan servis AC mobil. Di mana udara yang dihasilkan AC mobil mampu menghilangkan embun saat kamu sedang berkendara pada saat hujan. Ini bisa membuat pandangan jelas saat menyetir mobil, karena kaca depan mobil tidak tertutupi embun. Jadi, keselamatan kamu dalam berkendara tetap aman.

Dan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan AC mobil adalah sekitar 10.000 km sampai 16.000 km atau tergantung keadaan AC mobilnya. Jika udara dari AC mobil tidaklah segar atau dingin, malah cenderung panas, berarti kamu perlu untuk mengecek kompresor AC mobil atau melakukan servis kompresor AC mobil.

Di mana dengan melakukan servis kompresor AC mobil, AC mobil kamu tetap bisa digunakan dengan baik. Selain menjaga AC mobil tetap baik, melakukan servis AC mobil ternyata manfaat yang lainnya. Berikut ini adalah manfaat lain dari servis AC mobil.

6 Manfaat Lain dari Servis AC Mobil Secara Rutin

    1. Tidak Menimbulkan Bau AC Mobil

Pernahkah kamu mencium bau tidak sedap saat AC mobil nyala? Mungkin bau tersebut berasal dari AC yang kotor. Alasannya karena filter AC tidak berfungsi dengan baik. Di mana filter AC tidak bisa menyaring kotoran dan debu. Sehingga, debu dan kotoran menempel pada filter AC yang menyebabkan udara menjadi bau.

    1. Tidak Membuat AC Mobil Mati Mendadak

Selain menghindari bau, servis berkala pada AC juga menghindari AC yang mati secara mendadak. AC yang mati mendadak sudah dipastikan AC tersebut sudah mengalami kurasakan yang parah. Dan kerusakan yang parah pada AC mobil di akibatkan karena kamu tidak pernah membersihkan AC mobil dengan cara diservis.

    1. Membuat Perjalanan Kamu Lebih Nyaman dan Aman

Fungsinya AC pada mobil adalah memberikan udara sejuk di dalam mobil. Sehingga pengendara dan penumpangnya tidak merasa kegerahan dan kepanasan. Di mana hal tersebut membuat pengendara dan penumpang lebih merasa nyaman saat melakukan perjalanan, apalagi perjalanan dalam cuaca yang panas.

Keadaan AC yang baik juga membuat si pengendara dan penumpang lebih aman. Selain menghilangkan embun, semua komponen mobil, termasuk AC terkait satu dengan yang lainnya. Jadi, bisa saja jika komponen AC tersebut rusak, bisa menular ke komponen yang lainnya. Jadi, kamu harus melakukan servis secara rutin di bengkel ac mobil.

    1. Menghindarkan dari Korosi Komponen

Salah satu komponen yang ada pada AC mobil adalah evaporator yang berfungsi menghantarkan atau mengeluarkan udara sejuk dari AC. Dan evaporator ini rentan korosi yang bisa menyebabkan kerusakan pada AC. Di mana korosi tersebut terjadi karena kebocoran evaporator.

Salah satu penyebab dari kebocoran evaporator adalah debu dan kotoran yang menempel pada evaporator karena pemilik mobil jarang atau bahkan tidak pernah merawat AC dengan baik dan rutin. Di mana debu dan kotoran yang menempel pada evaporator lama kelamaan akan berubah menjadi lendir, dan jika dibiarkan saja, maka menimbulkan korosi.

    1. Bakteri yang Berbahaya Tidak Akan Masuk ke Kabin

Jika filter AC mobil tidak sering di bersihkan dan diganti, bakteri berbahaya bisa menempel pada filter AC. Di mana nantinya udara yang keluar dari AC ke dalam kabin mobil juga mengandung bakteri berbahaya. Yang mana bakteri berbahaya tersebut mungkin bisa menyerang kesehatan orang yang ada di dalam kabin mobil.

    1. Menghindarkan Overheating pada Sisitem AC Mobil

Tidak berfungsinya kipas radiator pada AC membuat AC mengalami overheating. Hal ini karena pemilik mobil tidak merawat AC dengan baik. Mereka sering mengabaikan untuk melakukan servis pada AC secara rutin.

Dan yang sudah dijelaskan bahwa semua komponen mobil berkaitan satu sama lain, overheating pada sistem AC bisa membuat komponen lainnya menjadi panas yang bisa membuat mesin mobil menjadi cepat rusak. Di mana kerusakan ini bisa membuat kamu mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaikinya.

Jadi, yuk para pemilik mobil, mulailah sadar bahwa AC mobil juga perlu dirawat agar AC mobil tidak mengalami kerusakan, yang bisa menyebabkan mesin mobil ikut rusak juga. Dan kamu sebagai pemilik mobil bisa melakukan servis di bengkel AC mobil terdekat.

shares