Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi, No 3 Sering Diabaikan

Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Susu adalah salah satu kebutuhan bayi yang dapat dikatakan wajib. Apalagi jika sang bunda tidak dapat memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati, susu formula akan menjadi asupan pengganti untuk pemenuhan nutrisi untuk tubuh si kecil. Agar buah hati bunda tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, bunda tidak boleh sembarangan saat memilihkan susu formula untuk si buah hati. Alangkah baiknya bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kandungan susu yang baik untuk si kecil. Atau, sebelum bunda berniat untuk konsultasi, bunda bisa menyimak informasi tentang memilih susu formula yang baik untuk si kecil. Selengkapnya berikut ini.

Memilih Susu Formula untuk Bayi

  • Ketahui Jenis Susu Formula

Setidaknya ada 3 jenis susu yang ditawarkan ketika bunda menginginkan si buah hati mengkonsumsi susu formula. Jika kebanyakan di pasaran di jual susu formula yang dibuat dari bahan dasar susu sapi, nyatanya ada beberapa susu bayi yang terbuat dari bahan kedelai. Untuk kandungannya, susu sapi dianggap lebih bagus untuk si kecil sehingga bunda dapat menjadikan susu formula dari bahan susu sapi sebagai pilihan susu formula untuk si kecil. Namun, jika ternyata si kecil alergi dengan pemberian susu sapi, bunda dapat mengambil alternative membeli susu kedelai yang kandungannya tidak kalah baik dengan susu sapi.

Meski susu kedelai dirasa bagus untuk si kecil, beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa susu kedelai dapat membuat si kecil menjadi alergi. Ketika bayi alergi dengan susu sapi, maka kemungkinan besar tubuh si bayi juga akan menolak ketika diberi susu kedelai. Tak hanya itu saja, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, susu kedelai dapat membuat gigi bayi menjadi keropos. Hal tersebut dikarenakan kandungan laktosa pada susu kedelai cukup tinggi dibandingkan susu formula dari susu sapi.

  • Perhatikan kemasannya

Ketika bunda memilihkan susu formula untuk si kecil, bunda jangan langsung membelinya karena terkecoh pada merek susu yang ditawarkan. Alangkah baiknya bunda melihat dulu informasi pada kemasan susunya apakah susu tersebut cocok untuk si bayi atau tidak. Biasanya, dalam kemasan susu bayi akan tertera kandungan susu, bahan susu, dan keterangan umur si bayi. Pastikan keterangan pada susu cocok dengan si kecil agar susu tidak akan membuat si kecil menjadi alergi.

  • Mengetahui jenis protein

Protein adalah salah satu kandungan susu yang dapat membantu pertumbuhan si buah hati. Saat bunda memilihkan susu formula untuk si kecil, agar kebutuhan protein dalam tubuhnya dapat tercukupi, bunda wajib memperhatikan jenis protein yang dikandung pada susu formula tersebut. Protein yang cocok untuk bayi ada 2 jenis yaitu whey dan casein. Protein tersebut sama-sama dibutuhkan untuk tubuh si kecil. Namun, jika bunda ingin memilihkan susu yang setara dengan kandungan protein pada ASI, bunda dapat menjadikan protein whey sebagai solusinya. Untuk itu, pilihlah susu formula dengan kandungan protein whey lebih besar agar pertumbuhan bayi dapat meningkat pesat.

  • Bertanya pada dokter

Berkonsultasi pada dokter dapat dijadikan solusi terakhir ketika bunda belum menemukan susu yang cocok untuk si bayi. Memang ada beberapa bayi yang mengalami masalah ketika ia minum susu formula karena sistem pencernaan bayi belum dapat bekerja secara maksimal. Ketika bayi mual dan diare saat mengkonsumsi susu formula, memang lebih baik bunda langsung menanyakan solusinya pada dokter. Nantinya dokter akan memberikan informasi tentang susu yang seperti apa yang cocok untuk bayi bunda. Takaran susu juga akan disampaikan agar si kecil tidak alergi saat mengkonsumsinya. Jadi, dokter memang lebih tahu susu formula yang seperti apa yang baik dikonsumsi untuk bayi yang alergi dengan susu sapi atau susu kedelai.

Jadi, bunda yang enggan untuk menyusui buah hati, agaknya bunda harus berpikir seribu kali karena susu yang terbaik untuk si buah hati memang hanya ASI eksklusif. Tetapi jika bunda memang tidak memungkinkan untuk dapat memberi si kecil ASI, setidaknya bunda dapat memilihkan susu formula yang terbaik. Tidak harus memilihkan susu yang mahal, yang terpenting susu dapat dicerna baik untuk tubuh bayi. Semoga bermanfaat!

shares