Varian Makanan untuk Lansia yang Susah Makan

Varian Makanan untuk Lansia yang Susah Makan

Makanan yang dikonsumsi setiap harinya menjadi sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Saat usia tua selera makan akan menurun karena banyak faktor. Maka ini varian makanan untuk lansia yang susah makan agar asupan gizinya tetap terpenuhi.

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang juga menyehatkan bagi jantung. Saat lansia ikan yang dibutuhkan seperti salmon, makarel, atau sarden lebih diutamakan karena kaya dengan asam lemak omega 3. Bisa disajikan minimal dua minggu sekali karena ikan jenis ini sangat bagus untuk mencegah terjadinya radang sendi dan penyakit jantung.

Selain itu ikan dengan asam lemak juga bisa mencegah memburuknya penglihatan saat memasuki usia lanjut. Manfaat lainnya bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan mencegah lansia mengalami pikun. Penyajian ikan ini bisa dengan dibuat menjadi sup atau digoreng biasa.

  1. Telur

Telur merupakan makanan yang bagus diberikan pada lansia karena memiliki banyak nutrisi yaitu protein, vitamin D, zat besi, vitamin B12, vitamin B2, dan folat. Apa lagi buat lansia yang sudah mulai berkurang giginya karena telur tidak sulit untuk dikunyah. Anda bisa menyajikan telur dengan berbagai varian masakan seperti ditambah santan, digoreng, ataupun digulai sesuai selera.

  1. Daging ayam

Saat lansia mulai menurun selera makannya maka jangan memberikan menu yang monoton. Ayam bisa menjadi solusi makanan untuk lansia yang susah makan. Harganya yang terjangkau tentu tidak menjadi hambatan untuk diberikan kepada lansia.

Kandungan yang ada di dalam daging ayam adalah protein, zat besi, dan vitamin B12. Ayam harus disajikan dengan benar sampai matang sempurna karena ayam yang belum matang akan membahayakan kesehatan.

  1. Sayuran

Jangan lupa untuk memasukkan sayur ke dalam makanan lansia. Varian sayurnya juga diganti-ganti agar tidak membosankan. Anda bisa membuat sayur dengan campuran tomat yang memiliki banyak kandungan serat, mineral, dan vitamin di dalamnya.

Bayam juga bagus untuk diberikan karena sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, kalium, kalsium, dan zat besi. Olahan sayur yang bisa dibuat sayur bening atau santan. Jenis sayur lainnya dengan kandungan yang terbaik adalah wartel. Penyajiannya bisa dicampur dengan ayam untuk dijadikan sup.

  1. Kentang

Bosan dengan nasi Anda bisa menggantinya dengan kentang yang juga mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Di dalam kentang juga da mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain kentang juga bisa nasi jagung atau pun gandum yang bagus buat lansia dengan proses menelan yang susah.

Lansia juga membutuhkan buah-buahan yang divariasikan pemberiannya. Jenis buah yang bagus ada pisang, kiwi, dan strawberry. Varian makanan untuk lansia yang susah makan memang sangat penting. Tidak hanya makanan utamanya tetapi juga varian pada jenis buah. Selain itu nutrisi yang dibutuhkan lansia bisa ditambah dengan pemberian susu lansia.

shares